Event Organizer Bogor – EO adalah jasa profesional dengan tugasnya untuk membantu klien dalam menyukseskan sebuah acara. EO diharuskan memiliki konsep acara supaya dapat menangani penyelenggaraan tersebut sesuai dengan harapan. Kebutuhan dalam menggunakan jasa EO bisa membantu acara formal ataupun nonformal sesuai kebutuhan klien.
Cara Memulai Bisnis Event Organizer Bogor
-
Membangun Relasi yang Luas
Kunci utama dalam menjalankan bisnis event organizer perlu memperoleh klien terlebih dahulu. Cara yang paling mudah dalam mendapatkan klien tentunya dengan membangun relasi yang lebih luas dibandingkan sebelumnya.
Dengan hanya diam saja atau hanya mengandalkan promosi mulut ke mulut tidak akan bisa memperluas relasi untuk memperoleh klien. Dalam hal ini bisa dengan menghadiri berbagai acara seperti exhibition, hiburan, pernikahan, ataupun beberapa acara lain.
Sehingga bisa membuat Anda berkenalan dengan banyak orang di tempat acara tersebut. Dimulai dari perkenalan tentunya akan lebih mudah dalam memperoleh klien.
-
Membentuk Tim Solid
Dalam menjalankan peran sebagai event organizer akan membutuhkan bantuan dari banyak orang. Pada kegiatan usaha inilah akan butuh tim solid dan sudah profesional di bidangnya.
Sebaiknya Anda memilih orang-orang yang bekerja pada event organizer bisa lebih cekatan, pekerja keras, dapat diandalkan dan lebih kreatif. Anda juga tidak perlu merekrut banyak orang dan cukup menyesuaikan terhadap kapasitas acara yang akan diselenggarakan nanti.
-
Memiliki Kemampuan Mengatur Banyak Hal
Event organizer Bogor terpercaya diharuskan sudah mempunyai kemampuan dasar untuk mengatur berbagai hal. Dengan peranan sebagai event organizer, pastinya dianjurkan untuk membuat perencanaan secara matang. Hal ini dimulai dari tempat dan waktu, pihak yang nantinya akan terlibat, pilihan konsumsi dan lainnya.
Event organizer harus memastikan bahwa perencanaan yang dibuat tersebut sudah jelas dan detail. Pekerjaan sebagai event organizer memiliki tuntutan untuk bisa mengatur berbagai aspek yang hubungannya terhadap acara tersebut.
Selain itu, juga dibutuhkan koordinasi yang tepat terkait cara penyajian, ketahanan makanan serta alur peserta untuk bisa memperoleh data konsumsi. Bahkan, pilihan warna tisu pun juga perlu diperhatikan oleh event organizer.
-
Melakukan Promosi Online
Promosi yang dilakukan secara online bisa memberikan jaringan yang lebih luas untuk memperoleh klien yang menggunakan event organizer. Dalam hal ini bisa dengan menggunakan teknologi yang saat ini sudah marak dipilih yakni ads yang tersedia di berbagai aplikasi media sosial.
Dengan menggunakan iklan tersebut bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan banyak. Pastikan juga membuat materi promosi yang mampu menarik perhatian bagi calon klien dengan memasukkan video dan foto sesuai event yang pernah ditangani.
Supaya nantinya dapat menarik calon klien baru. Pada project awal bisa memberikan tawaran promo ataupun diskon kepada klien yang menggunakan jasa event organizer.
Daftar Tugas dan Pekerjaan Event Organizer
Event organizer Bogor yang murah memiliki tugas dan pekerjaan yang bisa disesuaikan terhadap penyelenggaraan acara. Penyelenggaraan acara tersebut juga menyesuaikan keinginan dari klien dengan tugasnya langsung diberikan dari pihak manajemen.
Akan tetapi, event organizer memiliki daftar tugas dan pekerjaan yang pada umumnya memang harus dijalankan sebagai berikut:
- Membuat perencanaan serta mengatur jalannya acara dengan menyesuaikan konsep sampai selesai acara sesuai preferensi dari klien
- Menjalin komunikasi dengan klien supaya bisa paham keinginannya, permintaan khusus dan kebutuhan dalam menyelenggarakan acara tersebut
- Memilih tempat atau lokasi yang disesuaikan terhadap persiapan, pesan ataupun mengaturnya untuk acara tersebut
- Membuat rincian anggaran yang dibutuhkan sesuai keperluan klien serta pertahanannya
- Membuat perancangan tata letak hingga agenda acara, pamflet, tiket, panduan acara serta berbagai aktivitas pemasaran yang lainnya. Sehingga memberikan kemudahan dalam membuat promosi acara baik itu secara konvensional ataupun digital melalui bantuan dari eksekutif pemasaran hingga profesional PR
- Melakukan pengawasan terhadap aktivitas serta memastikan secara mendetail terhadap beberapa tugas yang perlu ditangani supaya bisa sesuai rencana awal
- Event organizer Bogor membuat pengaturan untuk tamu dalam penampilan khusus, staf, pembawa acara, MC ataupun beberapa posisi yang disesuaikan terhadap acara tersebut
- Melakukan negosiasi dan membuat kontrak bersama beberapa vendor seperti toko bunga, fotografer, catering, layanan teknis, serta transportasi untuk memenuhi kebutuhan barang serta layanan di antaranya pencahayaan, keamanan, pajangan, peralatan suara, panggung, parkir, makanan dan minuman hingga beberapa item lain untuk membuat acara berhasil.
- Bersedia untuk mengatasi dan memberi solusi apabila timbul perselisihan yang tidak diinginkan ketika acara dan tetap di lokasi tersebut sampai penyelenggaraan acaranya selesai dilakukan.
Skill yang Harus Dimiliki Event Organizer
-
Paham Ilmu Pemasaran
Event organizer Bogor berkualitas harus paham dalam ilmu pemasaran sebagai dasar dan bekal untuk menjalankan acara. Pemasaran sebagai salah satu proses dalam membuat promosi atas produk ataupun layanan tertentu.
Sebagai pihak event organisasi, tentunya pemasaran menjadi keterampilan utama dan sangat penting untuk digunakan. Ilmu pemasaran bisa membantu para klien tertarik dengan jasa event organizer milik Anda.
Dengan memahami ilmu pemasaran tentunya mampu meningkatkan pendapatan yang lebih besar. Pihak jasa bisa menggunakan ilmu tersebut untuk bisa membuat promosi acara seperti dengan pembuatan iklan, pembuatan situs web serta penulisan posting pada media sosial.
-
Kemampuan Komunikasi
Tim event organizer Bogor harus mampu menjalin komunikasi dengan banyak orang. Termasuk ketika memulai proses perencanaan bersama vendor, klien, pemasok dan penyelenggara acara yang lain.
Dengan mempunyai keterampilan komunikasi menjadi sangat efektif untuk bisa menyampaikan informasi dan pesan yang lebih mendetail. Selain itu, juga perlu memastikan bahwa keterlibatan orang-orang dalam acara tersebut untuk pembuatan perencanaan memudahkan pemahaman peran setiap tugas masing-masing orang.
-
Manajemen Waktu
Event organizer memang dituntut untuk bisa melakukan pengelolaan terhadap banyak tugas. Sehingga dengan menerapkan manajemen waktu bisa menjadi keterampilan yang sangat penting ketika ingin menjadi event organizer.
Sebagai seorang event organizer kemungkinan besar memiliki tanggung jawab dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan terhadap suatu acara. Sehingga nantinya diharuskan bagi Anda supaya dapat mengatur waktu agar menjadi lebih efektif lagi.
Dengan demikian, tugas yang dijalankan oleh event organizer menjadi lebih tersistem dan tidak terbengkalai. Event organizer juga memiliki tanggung jawab dalam pengaturan waktu pada tim. Oleh karena itu, diharuskan mampu membuat delegasi tugas dan memastikan dari setiap orang-orang pada tim dapat menjalankan kinerjanya secara efisien.
Tugas-tugas Event Organizer
-
Memilih Tempat
Event organizer Bogor untuk field trip harus bisa memilih lokasi yang dibutuhkan klien. Event organizer dituntut melakukan identifikasi terhadap tempat sesuai syarat acara dan nantinya bisa membuat negosiasi kontrak.
Peranan yang dilakukannya untuk pengelolaan logistik di tempat acara yang akan diselenggarakan. Hal ini juga termasuk dalam mengatur tempat duduk, dekorasi yang digunakan serta pemilihan peralatan audio visual.
-
Perencanaan Acara
Event organizer Bogor untuk kantor dapat bekerja sama dengan klien. Sehingga nantinya bisa mencapai pemahaman terhadap preferensi, tujuan serta batasan anggaran yang akan dibutuhkan.
Event organizer memiliki tugas dalam melakukan pengembangan terhadap perencanaan acara supaya lebih komprehensif. Tugas yang dijalankan tersebut agar dapat menguraikan anggaran, jadwal hingga logistik.
Seseorang yang menjalankan tugasnya sebagai event organizer memang diharuskan mempunyai keterampilan komunikasi yang lebih kuat dan organisasi. Apabila memiliki pengetahuan terhadap manajemen acara dan perencanaan tentunya memberikan kemudahan untuk membuat acara lebih sukses.
Biasanya juga dibutuhkan pendidikan formal untuk membuat perencanaan acara ataupun manajemen perhotelan. Peluang inilah yang bisa didapatkan untuk menjadi seorang event organizer yang berpengalaman di bidangnya.
-
Manajemen Keuangan
Tugas lain seorang event organizer adalah membuat dan melakukan pengelolaan anggaran yang dibutuhkan pada acara tersebut. Selain itu, juga mengalokasikan dana yang dimiliki ke berbagai hal seperti hiburan, catering, pemasaran hingga tahap produksi acara.
Event organizer memiliki tujuan supaya dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam menyelenggarakan acara. Sembari juga harus memastikan bahwa acara yang dibuat oleh event organizer sudah memenuhi keinginan klien.
-
Logistik Acara
Event organizer yang murah tentu akan memperhatikan logistik acara yang digunakan. Hal ini berhubungan secara langsung untuk sistem tiket, pendaftaran peserta, transportasi hingga pengaturan serta pembongkaran acara yang diselenggarakan. Sebisa mungkin juga harus sesuai budget yang sudah diberikan.
Event organizer harus memastikan bahwa kebutuhan, bahan, peralatan dan personal sudah tersedia dengan baik. Sehingga sangat penting agar event organizer memiliki kemampuan dalam mengorganisir acara tersebut secara optimal.
-
Manajemen Vendor
Event organizer Bogor memiliki tugas dalam mengelola serta mengkoordinasi vendor dan pemasok. Beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi untuk acara seperti teknisi audio visual, catering, dekorator serta fotografer.
Biasanya event organizer akan membuat kontrak melalui negosiasi. Selain itu, juga melakukan pengawasan terhadap hasil kerja pada acara tersebut dan memastikan bahwa vendor menyesuaikan jadwal acara yang diselenggarakan.
-
Manajemen Acara
Event organizer harus bisa membuat manajemen acara ketika sedang berlangsung. Event organizer perlu melakukan pengawasan terhadap keseluruhan aspek operasional supaya nantinya acara tersebut bisa berlangsung dengan baik.
Tugas yang diembannya juga melakukan pengelolaan terhadap staf acara, membuat koordinat jadwal, menangani masalah darurat dan memberikan solusi atas hal yang tidak diinginkan. Event organizer juga menangani masalah hingga pertanyaan yang diajukan oleh peserta.
Manfaat Menggunakan Event Organizer
-
Hemat Waktu
Perencanaan acara memang sangat menyita banyak waktu jika tidak terbiasa pada bidang tersebut. Dengan menyewa jasa event organizer membuat Anda lebih fokus terhadap beberapa tugas penting lain. Sehingga tugas yang lainnya bisa dialihkan pada jasa event organizer supaya dapat menangani perencanaan hingga berlangsungnya acara.
-
Pengalaman dan Keahlian
Biasanya event organizer sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang cukup luas di bidang tersebut. Kemampuan yang dimilikinya sangat dibutuhkan dalam membuat perencanaan serta pelaksanaan acara lebih sukses.
Event organizer juga dibekali dengan keterampilan agar dapat menangani keseluruhan aspek jalannya acara. Baik itu dari proses perencanaan, pembuatan anggaran hingga logistik. Peranan yang dijalankan oleh event organizer memang sangat menantang dan sudah terbiasa dengan adanya tantangan.
-
Hemat Biaya
Meski dengan sewa jasa event organizer akan membutuhkan biaya dalam membuat acara lebih sukses. Akan tetapi, sebenarnya menggunakan jasa event organizer ternyata bisa menghemat budget yang dikeluarkan untuk jangka panjang.
Pihak jasa event organizer sudah mempunyai kerja sama dengan pemasok dan vendor. Hal inilah yang membuat acara tersebut bisa memperoleh potongan harga yang menjadikan penghematan pengeluaran.
-
Memiliki Kreativitas
Event organizer memiliki beberapa individu yang kreatif di bidangnya. Sehingga mampu mengeluarkan ide yang unik dan inovatif untuk menjadikan acara yang diselenggarakan sesuai keinginan klien.
Mengingat event organizer sudah mempunyai pengalaman yang cukup luas dalam menangani banyak acara sesuai kebutuhan klien. Bahkan, dengan menggunakan event organizer tentunya bisa membuat acara yang Anda selenggarakan menjadi lebih meriah melalui inovasi dari tim yang ikut serta.
Karena itu jangan ragu menggunakan jasa event organizer Bogor seperti yang ditawarkan oleh Admos Adventure. Kami adalah EO di Depok yang sudah berpengalaman dalam membantu penyelenggaraan berbagai acara. Dari skala kecil hingga besar seperti wedding, olahraga, outbound, gathering kantor, family gathering, dll.
Hubungi CS kami di 0812 3359 8448 atau email di hi@admosadventure.co.id untuk info harganya. Bisa juga datang ke lokasi kantor kami langsung di Jalan M. Nasir RT.04/08 No. 44, Cilodong, Depok.