RAB Jasa Event Organizer

5/5 - (3 votes)

RAB Jasa Event OrganizerRAB atau Rencana Anggaran Biaya diperlukan untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Misalnya seperti proyek, acara, kegiatan bisnis, dll.

Tentu saat ingin sewa jasa event organizer (EO), penyelenggara acara juga tetap perlu menyusun RAB. Simak manfaat dari RAB berikut ini.

RAB Jasa Event Organizer

Manfaat RAB Jasa Event Organizer

  • Efektivitas waktu

Penyusunan RAB dapat membuat proyek atau acara yang akan dijalankan lebih efektif dari segi waktu. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjalankan acara tersebut berdasarkan biaya perencanaan yang telah dibuat.

Sehingga jika sudah membuat rancangan biaya, Anda akan lebih cepat dalam merealisasikan rencana acara yang telah dibuat tanpa harus mempertimbangkan banyak hal yang memakan waktu.

  • Evaluasi yang mudah

Setelah acara selesai dilakukan, Anda bisa dengan mudah mengevaluasinya berdasarkan RAB yang telah disusun. Sehingga, dengan ini Anda akan lebih mudah menentukan apakah acara diselenggarakan memberi keuntungan atau sebaliknya.

Jika acara yang telah dilaksanakan terdeteksi memakan lebih banyak biaya dari yang direncanakan, maka Anda dapat menghilangkannya saat evaluasi.

  • Penentuan kebijakan yang sesuai

Selanjutnya yaitu dengan susunan RAB jasa event organizer, Anda dapat menyesuaikan kebijakan yang akan diambil. Penentuan kebijakan akan sesuai dengan biaya yang telah direncanakan. 

Dengan rancangan anggaran biaya ini, acara berpeluang besar untuk sukses sesuai perencanaan. 

Komponen Wajib dalam Penyusunan RAB

Dalam menyusun RAB, terdapat komponen-komponen wajib yang perlu dimasukkan saat penyusunannya. Anda perlu memperhatikan komponen RAB agar penyusunannya berhasil. Perhatikan komponen-komponennya berikut ini.

  • Uraian Pembagian Pekerjaan

Dalam penyusunan RAB wajib menyertakan komponen ini karena akan berpengaruh pada total biaya di akhir. Saat menyusun RAB, uraikan pembagian pekerjaan secara lengkap dari awal hingga akhir.

Komponen ini juga berfungsi membantu para pekerja yang terlibat untuk bekerja dengan lebih optimal.

  • Volume Pekerjaan yang Jelas 

Komponen yang satu ini harus ada dalam RAB karena besar kecilnya pekerjaan dapat mempengaruhi biaya di akhir. Adapun maksud dari volume pekerjaan ini yaitu luasnya cakupan proyek atau acara yang akan dilaksanakan.

Volume yang semakin besar artinya pekerjaan tersebut membutuhkan tenaga kerja dan material yang lebih banyak. Selain itu, waktu yang diperlukan juga lebih lama.

  • Upah Pekerja

Dalam RAB jasa event organizer yang jelas perlu dicantumkan upah yang ditentukan untuk para pekerja. Tentukanlah upah pekerja yang akan membantu aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan.

Upah pekerja wajib ada di susunan RAB agar mengetahui ke mana saja biaya dikeluarkan.

  • Harga satuan

Komponen ini meliputi volume pekerjaan, harga per unit, hingga harga satuan dari pekerjaan. Ini merupakan komponen penting lainnya yang wajib ada dalam penyusunan RAB agar lebih akurat. Saat memasukkan komponen ini pastikan untuk lebih teliti agar tidak ada kesalahan saat perancangan biaya.

  • Material Bahan yang Dibutuhkan

Jika RAB untuk bisnis, maka Anda perlu menambahkan komponen material bahan bangunan yang diperlukan dalam pembangunan tempat bisnis. Anda bisa memilih material bahan sesuai kebutuhan untuk dicantumkan pada RAB.

Selain itu, pastikan untuk mencantumkan harga dari material bahan bangunan tersebut secara rinci.

  • Total Biaya Keseluruhan

Komponen terakhir yang wajib ada saat penyusunan RAB jasa event organizer yaitu total biaya secara keseluruhan. Total ini didapatkan dari komponen-komponen sebelumnya yang telah diakumulasikan.

Total biaya secara keseluruhan ini disebut sebagai total biaya akhir yang dapat dijadikan sebagai estimasi dari modal yang ada.

Penggunaan RAB untuk Berbagai Kebutuhan

RAB dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan selain untuk sektor bisnis. Penyusunan RAB juga dapat digunakan untuk sektor lainnya yang masih sejenis dengan sektor bisnis. Berikut beberapa contoh penggunaan RAB:

  • RAB untuk Acara

RAB untuk acara biasanya dibuat oleh panitia atau pihak penyelenggara acara untuk menentukan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk acara. Selain itu, RAB juga perlu  dicantumkan pada proposal yang berkaitan dengan acara. Lihat cara menyusun RAB jasa event organizer untuk membuat perencanaan yang benar.

RAB untuk acara berisi biaya peralatan, biaya konsumsi, biaya bintang tamu, penyewaan tempat, dll. Rencana anggaran biaya untuk acara ini harus dibuat dengan teliti menyesuaikan kebutuhan acara agar sesuai dengan perencanaan.

  • RAB untuk Usaha

Seperti yang telah disebutkan, RAB merupakan hal yang paling diperlukan untuk sektor bisnis atau usaha.  Rencana anggaran biaya ini dibutuhkan untuk mengatur kebutuhan dalam menjalankan usaha atau bisnis tersebut.

Isi RAB untuk usaha meliputi biaya perawatan, biaya peralatan dan perlengkapan, hingga biaya penyewaan. Komponen-komponen tersebut dibutuhkan untuk membuat usaha berjalan tanpa kendala. 

  • RAB untuk Pembangunan Jalan

RAB juga dapat digunakan untuk pembangunan jalan sebagai bagian dari rencana proyek tahap awal. Tujuan penyusunan RAB ini untuk meminimalisir adanya kendala yang akan menghambat pembangunan.

Selain itu, RAB pembangunan jalan juga disusun untuk memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan dapat memenuhi standar. Untuk komponen yang wajib ada di RAB ini juga kurang lebh sama dengan RAB untuk kebutuhan sebelumnya.

  • RAB untuk Organisasi

Organisasi dalam skala kecil hingga besar perlu membuat susunan RAB saat ingin menyelenggarakan kegiatan organisasi. Untuk komponen dalam RAB dapat disesuaikan kembali dengan jenis kegiatan organisasi yang akan dilaksanakan.

Sama seperti RAB untuk acara, dalam organisasi RAB juga diperlukan untuk dicantumkan dalam proposal kegiatan. Ini akan membantu dalam mendapatkan pendanaan berdasarkan rencana biaya yang ada. 

6 Tips Membuat RAB untuk Acara

Agar RAB untuk acara dapat membantu perencanaan acara secara optimal, Anda perlu membuatnya dengan benar. Ini dilakukan agar susunan RAB tersebut dapat membantu Anda untuk mengontrol biaya yang keluar. Simak tips membuatnya berikut ini:

  • Membuat breakdown dengan rinci

Untuk mengetahui apa saja biaya yang dibutuhkan untuk acara, Anda perlu membuat breakdown mendetail saat menyusun RAB. Selain itu, breakdown yang rinci juga akan membantu untuk menetapkan harga pada masing-masing komponen barang.

Anda juga dapat dengan mudah memberikan tanggung jawab kepada setiap divisi panitia penyelenggara acara.

  • Melakukan survei harga terlebih dahulu

Saat membuat rencana anggaran biaya, Anda perlu melakukan survei harga untuk mengetahui harga-harga yang dibutuhkan untuk acara. Lakukanlah survei dengan benar untuk mendapatkan harga yang akurat.

Pastikan bahwa harga yang disurvei merupakan harga pasaran yang sudah pasti. Anda bisa memilih vendor dan supplier dengan kualitas baik yang memberikan harga rendah. Dengan ini, Anda bisa menyusun RAB jasa event organizer yang benar.

  • Melakukan survei biaya keamanan dan perijinan acara

Selain survei harga, Anda perlu melakukan survei untuk biaya keamanan dan perijinan event juga. Ini sangat penting karena acara yang diadakan dalam skala lokal akan sangat berbeda prosedurnya dengan acara dalam skala nasional.

Untuk biaya keamanan dan perijinan acara ini, biasanya setiap daerah ada kebijakannya masing-masing. Maka lakukanlah survei untuk mengetahui informasi tentang ini.

  • Melakukan survei biaya publikasi dan perijinannya

Untuk menyusun RAB jasa event organizer, Anda juga harus melakukan survei  tentang biaya publikasi. Survei biaya publikasi ini juga disertai dengan perijinannya, seperti publikasi poster, spanduk, baliho, dll.

Anda bisa meminta rincian biaya pajak karena setiap tempat biasanya memiliki biaya pajak yang berbeda-beda. Daftar biaya pajak ini akan dicantumkan secara rinci saat membuat RAB yang diikuti dengan biaya pemasangan dan biaya produksi.

  • Melakukan survei pajak hiburan beserta prosedurnya

Kunci kesuksesan sebuah acara yaitu tidak melewatkan detail-detail penting sekecil apa pun itu. Salah satunya yaitu pajak hiburan dan prosedurnya. Sebelum melakukan acara,  survei terlebih dahulu pajak hiburannya.

Dispenda secara umum mematok pajak hiburan sebesar 10%, ini dapat menjadi patokan dalam survei pajak hiburan.

  • Membuat RAB cadangan

Penyusunan RAB untuk acara ada baiknya tidak hanya satu, Anda perlu membuat beberapa cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Ini akan sangat membantu dalam menangani target pendanaan yang tidak tercapai.

Dengan membuat cadangan, Anda bisa mengatasi kendala seperti minimnya donasi, sponsor tidak tercapai, hingga tiket yang tidak terjual sesuai target.

Jasa Penyelenggara Kegiatan atau Event Organizer

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam RAB untuk Acara 

Dalam membuat RAB untuk acara ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini akan sangat membantu Anda untuk membuat RAB yang baik dan sesuai untuk acara. Simak penjelasannya berikut:

  • Budget yang diperlukan untuk venue

Untuk mengadakan acara, diperluka venue atau panggung tempat acara tersebut diselenggarakan. Saat menyusun RAB, Anda perlu memperhatikan berapa budget yang dibutuhkan untuk menyewa venue tersebut.

Pastikan untuk melakukan diskusi mendetail terkait budget atau biaya yang perlu dikeluarkan untuk venue. Pastikan budget sewanya sesuai dengan budget yang ada agar tidak ada pembengkakan biaya di akhir.

  • Budget untuk peralatan yang diperlukan

Selain biaya sewa venue, pastikan Anda juga memperhitungkan biaya peralatan yang dibutuhkan untuk acara saat menyusun RAB jasa event organizer. Jika peralatan dibeli, maka lakukan survei terkait harga peralatan yang dibutuhkan agar tidak mendapatkan harga yang tinggi.

Begitu juga dengan sewa, Anda perlu melakukan survei sewa alat yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Carilah vendor atau mitra yang memberikan penawaran sewa peralatan yang sesuai dengan budget.

  • Biaya kepanitiaan

Untuk biaya kepanitiaan seperti upah dan transportasi perlu Anda tentukan saat menyusun RAB untuk acara. Tentukan budget yang diperlukan untuk kepanitiaan tersebut dengan baik agar tidak terjadi kesalahan di akhir.

Anda bisa memperhitungkan berapa biaya transportasi yang dibutuhkan serta memberikan upah sesuai tanggung jawab yang diemban. Perhitungan yang tepat akan sangat membantu dalam membuat RAB jasa event organizer yang baik.

  • Biaya menjamu tamu

Selanjutnya, perhitungkan budget yang dibutuhkan untuk menjamu tamu penting maupun tamu undangan. Untuk tamu penting seperti narasumber siapkan biaya untuk honor, plakat dan cendramata lainnya. 

  • Biaya konsumsi

Perhitungkan biaya untuk konsumsi berdasarkan jumlah tamu undangan, intensitas dalam pemberian konsumen, dan jenis konsumsi. Jika tamu undangan lebih banyak berarti biaya yang diperlukan juga lebih banyak.

Untuk intensitas pemberiannya sendiri jika lebih banyak memberi snack atau makanan berat, maka biaya konsumsinya juga lebih banyak. 

Demikianlah penjelasan tentang RAB jasa event organizer. Jika masih bingung tentang perincian RAB seperti ini, Anda bisa konsultasi dengan Admos Adventure. Jasa EO berpengalaman yang juga memberikan transparansi RAB yang jelas akan jasa atau layanan event organizer yang diberikan.

Hubungi 0812 3359 8448 atau email di hi@admosadventure.co.id untuk konsultasi online atau kunjungi kantor kami di Jalan M. Nasir RT.04/08 No. 44, Cilodong, Depok, untuk tatap muka langsung.

Related Posts
Event Organizer Gathering Perusahaan
Event Organizer Gathering Perusahaan

Event Organizer Gathering Perusahaan - Membangun hubungan antar sesama kolega dapat dilakukan dengan mengadakan acara perusahaan yang menyenangkan. Contohnya seperti Read more

Event Organizer Untuk Gathering Kantor
Event Organizer Untuk Gathering Kantor

Event Organizer Untuk Gathering Kantor - Gathering kantor merupakan event rutin yang biasanya dilakukan setahun sekali. Tujuannya untuk menjaga efektivitas Read more

Tinggalkan komentar