Jasa Event Organizer Karawang – Setiap event organizer memiliki spesialisasi tersendiri dalam menangani acara, salah satu launching product suatu perusahaan. Launching product merupakan suatu perencanaan untuk meluncurkan product baru ke pasaran. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi product sehingga tertarik untuk menggunakannya.
Untuk mengadakan launching product, ada banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari kualitas produk hingga perencanaan acara. Berikut ini fakta-fakta yang perlu diketahui seputar launching product agar acara dapat berjalan lancar.
Jenis Jasa Event Organizer Karawang untuk Launching Product
-
Soft Launching
Acara ini merupakan tahapan uji coba, sehingga produk yang ditampilkan masih berupa versi uji coba. Tujuannya adalah untuk memeriksa bagaimana produk bekerja, kualitas, serta memperoleh feedback dari tester atau pelanggan.
Adapun feedback yang diterima digunakan untuk pengembangan, meliputi penentuan harga produk, peningkatan kualitas, hingga pembaruan desain produk.
Biasanya acara soft launching diadakan di area tertentu dengan target peserta yang terbatas. Meski terlihat seperti acara skala kecil, acara ini tetap perlu direncanakan secara matang oleh jasa event organizer Karawang pelucuran produk agar tujuan utamanya tercapai. Yaitu memperoleh feedback sebagai bahan evaluasi produk dan dukungan perencanaan jangka panjang yang strategis.
-
Hard Launching
Berbeda dari sebelumnya, hard launching merupakan peluncuran produk yang dinyatakan lengkap dan bisa langsung digunakan. Sebagai contoh perusahaan menciptakan aplikasi Z pada tahun 2022 dan direncanakan mempunyai 5 fitur utama. Ketika perusahaan akan mengadakan launching product, maka 5 fitur tersebut harus sudah selesai.
Jika dirasa akan ada pembaruan aplikasi, hal tersebut tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah produk harus ditampilkan secara utuh dan siap digunakan pada saat acara launching berlangsung. Biasanya EO akan memastikan lagi kesiapan produk kepada perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman di tengah acara.
Biasanya acara ini diadakan cukup meriah sebagai upaya menarik banyak calon konsumen untuk datang. Harapannya selain memperkenalkan produk, nilai penjualan perusahaan dapat meningkat setelah peluncuran. Jasa event organizer Karawang yang bertugas umumnya merencanakan kegiatan ini diselingi dengan aktivitas lain seperti talkshow, games, dan sesi konsultasi.
-
Re-Launching
Re-laucnhing adalah langkah yang diambil perusahaan untuk memperkenalkan kembali produk mereka di pasaran. Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa perusahaan perlu melakukan re-launcing, antara lain:
-
- Mengalami perubahan atau pergeseran segmen pasar
- Perusahaan melakukan perubahan produk sebagai upaya penyesuaian tren di pasaran
- Terdapat perubahan fitur baik berupa penghapusan, penambahan, atau pengembangan fitur yang cukup signifikan.
Beberapa Hal yang Harus Dipenuhi Sebelum Launching Product
-
Sesuai dengan Visi
Produk yang akan diluncurkan wajib memenuhi visi dan misi strategis serta sesuai dengan rencana yang dibuat.
-
Lolos Pengujian
Produk harus melalui serangkaian tes serta pengecekan kualitas agar produk tersebut dapat terjamin kualitasnya. Hal ini juga berguna untuk mengetahui kekurangan produk sehingga bisa segera diperbaiki.
Jasa event organizer Karawang dapat membantu pengecekan sekali lagi pada saat penataan produk di lokasi acara untuk menghindari penurunan citra akibat produk yang ditampilkan memiliki kecacatan.
-
Marketing Collateral Telah Disiapkan
Marketing collateral merupakan media atau konten yang dipersiapkan sebagai media untuk memasarkan produk kepada segmen pasar yang dituju. Adapun media yang digunakan dapat berupa media digital seperti media sosial maupun media cetak.
Konten marketing collateral berisi tentang informasi produk, brand, perusahaan, hingga lokasi outlet terdekat.
-
Tim Siap Bertugas
Perusahaan perlu menugaskan beberapa tim untuk keperluan sales dan customer support. Hal ini diperlukan untuk membantu tamu undangan mendapatkan informasi yang relevan terkait produk hingga tata cara pembelian.
Tim sales dan customer service harus sudah memperoleh pelatihan terkait produk yang diluncurkan agar mampu menjelaskan informasi secara jelas dan benar. Termasuk bagaimana cara menarik minat calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut.
-
Produk Sudah Diumumkan
Sebelum diluncurkan ke pasar, produk baru harus diumumkan ke seluruh bagian di perusahaan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar setiap bagian bisa turut membantu mempromosikan produk.
-
Costumer Journey
Perusahaan bekerja sama dengan jasa event organizer Karawang perusahaan perlu mempersiapkan customer journey. Customer journey merupakan alur perjalanan pelanggan ketika berinteraksi dengan produk perusahaan. Mulai dari bagaimana pelanggan mendapatkan informasi launching product, datang ke venue, hingga melakukan pembelian.
Buat informasi yang semenarik mungkin di media sosial dengan memberikan sedikit spoiler agar pelanggan penasaran dengan produk baru. Ketika pelanggan datang ke venue, tim EO akan sigap menyambut kedatangan dan mengarahkan pelanggan untuk melihat peluncuran produk. Sisipkan beberapa promosi implisit agar pelanggan tidak merasa risih.
-
Membuat Rencana Survei
Survei ini bertujuan untuk mengetahui feedback peserta launching terhadap produk baru. Jasa event organizer Karawang terbaik dapat menyiapkan formulir baik online maupun cetak dan meminta kesediaan tamu yang datang untuk mengisinya sesuai pandangan mereka.
Feedback tersebut sangat bermanfaat untuk pengembangan produk dan merencanakan keputusan strategis lainnya.
Tips Agar Product Launching Sukses
-
Lakukan Riset Pasar
Riset merupakan langkah penting dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk rencana peluncuran produk baru. Perusahaan perlu melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan pasar dan apakah produk yang ditawarkan mampu menjadi solusi.
Selain untuk memahami kebutuhan pasar, riset juga membantu perusahaan untuk mengetahui kompetitor di bisnis serupa. Dengan begitu perusahaan bisa menganalisis kekurangan dan kelebihan produk kompetitor. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan agar produk semakin unggul
-
Identifikasi Target Pasar
Selanjutnya adalah identifikasi target pasar yang potensial untuk produk perusahaan. Caranya dengan menganalisis target berdasarkan lokasi, usia, perilaku, pekerjaan, dan preferensi calon konsumen.
Perusahaan dapat memanfaatkan jasa EO profesional yang bergerak di spesialisasi acara launching product agar lebih efisien. Setelah identifikasi dilakukan jasa event organizer Karawang terpercaya akan menyerahkan laporan yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi perusahaan.
-
Lakukan Persiapan Secara Matang
Kunci dari kesuksesan sebuah acara adalah perencanaan yang matang. Rencana harus dibuat serinci dan sejelas mungkin serta dibuat jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan.
Semua orang perlu terlibat dalam proses perencanaan kegiatan launching produk. Mulai dari bagian planning, sales, managerial, marketing hingga bagian lain yang diperlukan untuk mendukung jalannya launching produk.
Setelah rencana dibuat, lakukan persiapan dari segi teknis, misalnya peningkatan kualitas dan pemeriksaan kelayakan produk. Selain kebutuhan teknis lain seperti tempat, dekorasi, hingga logistik untuk acara launching produk akan disiapkan oleh jasa event organizer Karawang berpengalaman untuk menunjang acara. Jangan lupa untuk memilih saluran pemasaran yang tepat untuk mempromosikan acara launching produk baru untuk menarik banyak pengunjung.
-
Susun Strategi Pemasaran yang Efektif
Launching product erat kaitannya dengan strategi pemasaran untuk meningkatkan demand produk dari calon konsumen maupun konsumen setia dari bisnis tersebut. Jadi, manfaatkan berbagai saluran seperti website, media sosial, dan lain sebagainya.
Gunakan jasa EO untuk membuat konten kreatif kekinian sesuai dengan tren yang sedang hangat. Selain itu perusahaan dan EO perlu bekerja sama untuk menaikkan engagement di media sosial seperti membalas pertanyaan di kolom komentar atau pun mengadakan siaran langsung.
Dari situ perusahaan dapat menarik banyak orang agar datang ke acara launching product untuk mendapatkan informasi detail terkait produk baru.
-
Tentukan Matriks Kesuksesan Acara
Tujuan akhir wajib ditentukan agar perusahaan mengetahui indikator keberhasilan launching product. Tujuan dapat berupa meningkatkan perhatian masyarakat terhadap brand, peningkatan omset, hingga kenaikan jumlah pengikut di media sosial.
Setelah tujuan dipastikan, berikutnya adalah mengawasi dan mengevaluasi apakah produk sudah sesuai dengan rencana dan apakah indikator keberhasilannya tercapai. Dengan begitu ketika kendala muncul perusahaan dan EO dapat merumuskan ulang strategi yang akan digunakan.
-
Bekerja Sama dengan Influencer
Media digital saat ini telah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Hampir setiap orang menggunakan media sosial, dan beberapa telah berhasil menggunakan media sosial untuk membangun branding sehingga banyak orang tertarik untuk melihat.
Influencer yang berhasil membangun branding dan memperoleh banyak pengikut menjadi sarana yang tepat untuk melakukan promosi. Hal tersebut dikarenakan postingan yang diunggah influencer dapat menjangkau banyak orang. Maka dari itu perusahaan dapat bekerja sama dengan influencer yang fokus pada bidang serupa.
Kelebihan dan Kekurangan Launching Product
-
Kelebihan
-
- Meningkatkan Perhatian Masyarakat
Adanya launching product dapat meningkatkan perhatian masyarakat akan adanya produk baru dari perusahaan yang bersangkutan. Dengan begitu produk akan dikenal banyak orang dan menarik minat calon konsumen yang membutuhkan produk tersebut.
-
- Meningkatkan Penjualan
Ketika masyarakat sudah mulai mengenal dan tertarik akan produk tersebut, kemungkinan membeli produk akan semakin besar. Biasanya pelanggan tertarik dengan fitur dan manfaat yang akan di dapat.
Oleh karena itu perusahaan dan EO harus fokus terhadap keunggulan yang akan disampaikan pada acara launching. Ini dapat diterapkan secara implisit dan eksplisit selama acara berlangsung.
-
Kekurangan
-
- Memerlukan Tenaga dan Waktu Tambahan
Proses perencanaan event mulai dari persiapan produk, konsep acara, layout, hingga pemilihan venue memerlukan tenaga dan waktu tambahan. Agar pekerjaan utama tidak terganggu, perusahaan dapat memanfaatkan jasa EO untuk menangani semua kebutuhan acara.
Keputusan ini lebih efektif dan efisien karena perusahaan hanya perlu menerima laporan dari EO dan melakukan pemeriksaan sesekali.
-
- Biaya Lebih Banyak
Adanya launching product membuat perusahaan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mengadakan acara. Mulai dari sewa tempat (jika di luar perusahaan), dekorasi, logistik, hingga biaya iklan acara launching.
Agar pengeluaran untuk acara launching lebih hemat, sewa jasa event organizer Karawang murah karena mereka telah bekerja sama dengan berbagai vendor. Sehingga ada harga khusus dan tidak perlu lagi melakukan survei satu persatu-satu.
-
- Bisa Memicu Dampak Negatif
Mempersiapkan acara launching product bukan hal yang mudah, maka dari itu perusahaan harus berhati-hati.
Apabila salah melangkah, launching produk malah memicu dampak negatif terhadap citra merek dan perusahaan. Sebagai contoh produk yang ditampilkan pada acara peluncuran ternyata memiliki kecatatan yang luput dari proses quality control.
-
- Riskan Ditiru Kompetitor
Tidak semua produk yang ditampilkan pada acara peluncuran sudah dalam kondisi siap. Sering kali produk ditampilkan dalam versi uji coba dan membutuhkan pengembangan lebih banyak.
Tujuan diselenggarakannya launching product adalah mendapatkan feedback dari pasar secara langsung. Dengan demikian produk belum benar-benar diluncurkan sebagai produk jadi.
Namun kondisi tersebut kerap dijadikan strategi oleh kompetitor untuk mencuri atau meniru ide yang nantinya akan diterapkan oleh perusahaan mereka.
Maka dari itu buat strategi keamanan untuk menghindari adanya tindakan pencurian ide oleh kompetitor. Contoh bisa berkoordinasi dengan EO untuk menyediakan petugas keamanan dan menghimbau peserta launching agar tidak mendokumentasi acara dalam bentuk apa pun.
Jasa event organizer Karawang seperti Admos Adventure menawarkan paket acara yang bisa dipilih baik bagi masyarakat umum, mahasiswa, hingga perusahaan. Jasa ini cukup berpengalaman menangani acara launching product. Dengan menerapkan strategi persiapan event yang matang, maka launching product yang sukses bisa terealisasikan.
Hubungi kontak Admos Adventure di 0812 3359 8448 atau email di hi@admosadventure.co.id. Lokasi kantor kami ada di Jalan M. Nasir RT.04/08 No. 44, Cilodong, Depok.