Contoh Surat Penawaran Jasa Event Organizer – Surat penawaran jasa event organizer merupakan jenis surat yang bertujuan menawarkan jasa. Itu dilakukan dengan adanya hubungan kerja sama antara event organizer dengan suatu perusahaan. Simak fungsi surat penawaran jasa berikut.
Fungsi Surat Penawaran Jasa Event Organizer
-
Memperkenalkan secara rinci jasa yang ditawarkan kepada calon klien
Fungsi utama dari surat penawaran jasa yaitu untuk memperkenalkan jasanya dengan jelas kepada calon klien. Surat penawaran ini ditujukan pada calon klien yang berpotensi untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.
Event organizer membuat surat penawaran yang menjelaskan jasa yang ditawarkannya kepada calon klien atau perusahaan yang sedang membutuhkan jasa tersebut.
-
Menarik minat calon klien
Selain untuk memperkenalkan jasa, surat penawaran ini juga ditujukan untuk menarik calon klien untuk menggunakan jasa mereka. Melalui penyajian surat yang profesional, jasa event organizer menciptakan rasa ketertarikan oleh calon klien untuk menggunakan jasa mereka.
-
Menjadi media untuk promosi
Surat penawaran berfungsi sebagai salah satu media untuk mempromosikan jasa event organizer yang ditawarkan. Terdapat banyak contoh surat penawaran jasa event organizer untuk promosi yang biasa dicontoh untuk membuat surat penawaran jasa.
-
Mempererat hubungan bisnis dengan klien
Surat penawaran jasa yang dibuat event organizer juga berfungsi menjaga dan mempererat relasi dengan klien.
-
Meningkatkan profesionalisme
Dengan surat penawaran jasa, Anda bisa menawarkan bisnis jasa Anda dengan profesional. Ini dikarenakan surat penawaran jasa dibuat dengan bentuk formal yang disusun dengan rapi dan juga persuasif.
Buat surat penawaran jasa dengan profesional melalui contoh surat penawaran jasa event organizer yang bisa Anda ikuti.
Format Surat Penawaran Jasa
Jenis surat yang dibuat dalam bentuk formal atau resmi ini memiliki format khusus untuk penulisannya. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menulis surat penawaran tanpa memperhatikan format penulisannya. Berikut format surat penawaran jasa yang benar:
-
Kop Surat
Jika melihat setiap contoh surat penawaran jasa event organizer di Google, Anda bisa melihat bahwa surat ini selalu memiliki kop surat. Identitas pengirim yang ada di kop surat memuat informasi-informasi tentang bisnis.
Seperti nama perusahaan, alamat email, nomor kontak, alamat perusahaan hingga logo perusahaan.
-
Kepala surat
Kepala surat letanya tepat di bawah kop yang memuat tanggal, nomor, lampiran, tujuan, dan kepada surat tersebut ditujukan.
Pastikan untuk menulis penerima surat dengan jelas dan benar agar surat penawaran jasa sampai ke tangan penerima seperti yang diharapkan.
-
Pembuka surat
Sebelum menyampaikan isi surat, diperlukan pembuka surat terlebih dahulu sebagai pengantar untuk mencapaikan maksud dan tujuan dari surat tersebut.
Di bagian pembuka yang berisi pengantar ini Anda menjelaskan inti dari surat tersebut yang digambarkan dengan singkat, padat, dan jelas. Ikuti contoh surat penawaran jasa event organizer untuk membuat pembuka surat yang benar.
-
Isi surat
Sampai ke bagian ini baru menjelaskan tentang jasa yang Anda tawarkan dengan sejelas-jelasnya. Sampaikan informasi yang lengkap tentang bagaimana jasa, apa yang diharapkan dari calon klien.
Selain itu, sampaikan juga apa yang didapatkan dari kerja sama yang ditawarkan serta hal lainnya terkait penawaran jasa tersebut.
4 Komponen yang Harus Ada di Surat Penawaran Jasa
Surat penawaran jasa memiliki beberapa komponen dalam penulisannya. Komponen-komponen tersebut harus ada dalam kandungan surat penawaran jasa. Berikut komponen-komponen surat penawaran jasa:
-
Nama perusahaan
Saat membuat surat penawaran jasa, maka Anda wajib menuliskan nama perusahaan jasa yang dijalankan. Nama perusahaan ini sangat penting untuk dicantumkan sebagai identitas Anda sebagai pengirim.
Oleh karena itu, saat menulis surat penawaran jasa ini jangan sampai lupa mencantumkan nama perusahaan.
-
Gambaran dari perusahaan
Surat penawaran jasa perlu memuat informasi perusahaan sebagai gambaran dari perusahaan tersebut. Gambaran yang dimuat dalam surat seperti penjelasan tentang dan keunggulan jasa yang dimiliki.
Selain itu, perusahaan juga memberikan gambaran tentang tenaga ahli dan apa saja peralatan yang digunakan.
-
Informasi tentang track record, prospek yang diinginkan, dan proyek yang dikerjakan
Dalam surat penawaran jasa ini menjelaskan tentang track record atau rekam jejak dari perusahaan yang menawarkan jasa.
Di dalam surat itu juga memuat informasi tentang prospek yang diinginkan oleh perusahaan serta apa saja proyek yang mereka tangani. Lihatlah contoh surat penawaran jasa event organizer yang benar untuk mengetahui bagaimana memuat informasi-informasi tersebut.
-
Melampirkan NPWP, TDR, dan SIUP
Dalam penulisan surat penawaran jasa Anda perlu menampilkan dokumen-dokumen penting. Seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), daftar rekam jejak atau TDR, dan Surat Izin Perdagangan (SIUP).
Perhatikan bagaimana cara melampirkannya di contoh surat penawaran jasa event organizer.
Tips Membuat Surat Penawaran Jasa yang Baik dan Benar
Untuk menulis surat penawaran jasa, Anda perlu menulisnya sesuai dengan format penulisan surat yang benar. Selain itu, Anda juga perlu menuliskan surat penawaran dengan baik dan benar. Berikut tips penulisan surat penawaran jasa yang baik dan benar:
-
Menggunakan bahasa yang resmi
Surat penawaran jasa harus ditulis dengan bahasa yang resmi karena bertujuan untuk menjalin relasi bisnis yang memerlukan profesionalisme. Tidak hanya resmi, bahasa yang digunakan juga harus jelas sehingga dapat dimengerti oleh penerima dengan baik.
Tulis surat dengan kalimat yang tidak bertele-tele agar lebih menarik perhatian calon klien untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.
-
Menyertakan identitas pengirim
Identitas pengirim sangat penting agar penerima dapat menindak lanjuti surat yang diterima jika merasa tertarik.
Carilah contoh surat penawaran jasa event organizer cara menulis identitas pengirim agar dapat menulis identitas pengirim sesuai format yang ada.
-
Memperkenalkan jenis-jenis jasa yang ditawarkan
Untuk bisnis event organizer sendiri memiliki banyak jenis jasa yang bisa ditawarkan sesuai dengan jenis acara yang akan diselenggarakan.
Maka dari itu, Anda bisa menjelaskan setiap jenis jasa dengan singkat dan jelas sebagai gambaran dari jenis jasa yang ditawarkan.
-
Mencantumkan biaya setiap jenis jasa dengan jelas
Untuk surat penawaran jasa, maka Anda perlu mencantumkan biaya jasa dari setiap jenis acara. Tambahkan juga tentang S&K yang berlaku dari harga paket-paket jasa event organizer yang Anda tawarkam.
-
Menyertakan alamat penerima surat
Pada surat penawaran jasa, Anda wajib mencantumkan alamat penerima surat yaitu calon klien.
Anda harus lebih teliti saat menuliskan alamat penerima agar surat tidak salah kirim ke alamat lain. Perhatikan contoh surat penawaran jasa event organizer yang menulis alamat penerima untuk mencantumkan alamat calon klien sebagai penerima surat.
-
Mencantumkan nama lengkap
Tips terakhir untuk membuat surat penawaran jasa yang baik dan benar yaitu mencantumkan nama lengkap untuk distempel dan ditanda tangani.
Contoh Surat Penawaran Jasa Event Organizer
Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat surat penawaran jasa event organizer, simak beberapa contoh penulisannya berikut:
-
Surat penawaran jasa perlengkapan tentang kegunaan produk
ALAS KUSUMA JAYA
Jalan Dewi Sartika No.5 Depok Jawa Barat
Telepon (021) 3244127 Fax Email
(024)1223418
alaskusumajayagroup@gmail.com
Semarang, 15 November 2023
No. : 003/PJS-S3/X/2023
Lampiran: 3 Lembar
Perihal: Penawaran BarangYth. PT. Admos Adventure
Jalan M. Nasir RT.04/08 No. 44, Cilodong
Depok
Jawa BaratDengan hormat,
Kami mendapatkan informasi bahwa PT. Admos Adventure akan membuka kantor cabang bisnis event organizer. Terkait hal tersebut, kami dari pihak ALAS KUSUMA JAYA menyampaikan maksud dan tujuan kami melalui surat ini.
Kami ingin menawarkan barang untuk melengkapi perlengkapan yang diperlukan pada acara event organizer yang akan diselenggarakan. Adapun barang yang kami tawarkan untuk Anda sewa yaitu sound system.
Untuk pembayaran dapat dilakukan dengan membayar DP sebesar 70%, sisanya dapat dilunasi dua pekan setelah barang diterima. Lebih jelasnya akan kami lampirkan rincian harga dan brosur, sesuai dengan anggaran yang Bapak/Ibu miliki.
Demikian surat penawaran ini, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami
Alas Kusuma Jaya
Kartika Amalia, S.I.Kom
-
Surat Penawaran Jasa Dekorasi ke Event Organizer
GRISHA DECORATION
Jl. Paris No. 1.
Bekasi, 10 November 2023Nomor: XXX
Hal: Penawaran kerja sama
Lampiran: 3 Lembar.
Yth. PT. Admos Adventure
di tempat
Dengan hormat,
Melalui kedatangan surat ini, kami sebagai penyedia layanan dekorasi ingin menyampaikan tawaran kerja sama untuk setiap acara yang dikelola oleh Admos Adventure.
Kami menawarkan kerja sama karena melihat Admos Adventure sudah banyak dimanfaatkan untuk mengurus acara oleh berbagai pihak. Maka dari itu, dengan penawaran ini kami bermaksud menawarkan kerja sama dengan layanan dekorasi untuk acara yang diurus Admos Adventure.
Kami sudah melampirkan portofolio dan detail dari layanan dekorasi kami untuk dipertimbangkan. Kami juga melampirkan daftar harga paket layanan dekorasi yang kami tawarkan.
Sekian yang dapat kami sampaikan, besar harapan kami agar Bapak/Ibu mempertimbangkan untuk menerima tawaran kerja sama ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Sekar Cahyati
-
Surat Penawaran Jasa Fotografer ke Event Organizer
CENDANA PHOTOGRAPHY
Jl. Melati No. 7
Bandung. 15 November 2023Nomor: XXX
Perihal: Penawaran kerja sama
Lampiran: 1 bundel.Yth. PT. Admos Adventure
di Tempat
Dengan hormat,
Berbekal informasi berdasarkan riset yang kami lakukan sebelumnya, Admos Adventure merupakan event organizer yang populer dan berkualitas. Oleh karena itulah, kami bermaksud untuk menawarkan layanan fotografi pada setiap acara yang diselenggarakan.
Kami merupakan layanan media berpengalaman yang sudah lama bergelut di bidang fotografi. Untuk itu, kami ingin memperbanyak pengalaman kerja melalui kerja sama dengan Admos Adventure.
Kami telah melampirkan dokumen-dokumen terkait untuk Bapak jadikan sebagai bahan pertimbangan. Seperti portofolio, daftar harga dari layanan yang ditawarkan, dan sebagainya.
Sekian yang dapat kami sampaikan, besar harapan kami agar Bapak dapat mempertimbangkan tawaran kerja sama ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.
Hormat kami,
Awan Oktavian.
Itulah penjelasan tentang surat penawaran serta contoh surat penawaran jasa event organizer yang wajib Anda ketahui untuk menjalin kerja sama. Jangan lupa untuk mengetahui format penulisan dan apa saja yang harus dicantumkan agar surat penawaran jasa diterima calon klien. Dan jika Anda tertarik memakai jasa kami, bisa hubungi 0812 3359 8448 atau email di hi@admosadventure.co.id atau datang langsung ke kantor kami di Jalan M. Nasir RT.04/08 No. 44, Cilodong, Depok.